Atasi Bosan Si Kecil, Piknik di Rumah Bisa Nggak Sih?

Yuk coba berkegiatan dirumah bersama anak. (Sebunda.com/Desainer:Diyanpe)

Meskipun cuma bisa di rumah aja, coba deh Bunda buat list kegiatan untuk piknik di rumah bersama si kecil supaya hari-harinya di rumah tetap berjalan dengan menyenangkan. Sebelumnya Bunda bisa tulis dulu, kegiatan-kegiatan apa yang seru dan positif untuk dilakukan bersama si kecil. Sebunda akan berikan rekomendasi mengenai isi kegiatan piknik di rumah bersama si kecil.

  1. Piknik di Halaman Belakang Rumah

Karena gak bisa jauh-jauh dari rumah, Bunda dan si kecil bisa kok adakan piknik kecil di halaman belakang rumah. Gunakan tikar atau karpet warna-warni agar terlihat lebih segar. Letakkan beberapa makanan ringan, buah hingga sayuran matang di tengah tikar. Untuk menambah kesan segar jangan lupa buat jus buah sebagai minumannya. Dengan cara ini dijamin si kecil pasti akan senang sekali meskipun pikniknya hanya di rumah saja.

  1. Piknik sambil Belajar Membaca

Berada di rumah sepanjang hari dengan si kecil nggak lantas membuat Bunda jadi monoton dalam mengerjakan pekerjaan rumah dan kantor saja. Sebab ini merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan kemampuan membaca si kecil. 

Mungkin Bunda bisa mulai dengan membacakan buku yang belum sempat dibaca oleh si kecil. Setelahnya ajarkan si kecil mengenai cerita yang dikisahkan dalam buku tersebut. Kemudian, minta si kecil untuk menceritakan kembali dengan versinya. Bunda bisa lakukan variasi membaca Misalnya membaca sambil berkemah di dalam rumah.

  1. Buat Cemilan Kesukaan Si Keci

Pilih cemilan kesukaan si kecil yang paling mudah dibuat. Kemudian ajak dia untuk ikut membuat cemilan tersebut, hal ini bisa membuat ia happy tentunya. Selain happy ia juga mendapat pelajaran mengenai tolong-menolong, yang dilakukannya ketika memasak bersama Bunda.

  1. Berkreasi Membuat Mainan dari Bahan Daur Ulang

Coba untuk tetap produktif bersama si kecil meskipun di rumah saja. Caranya bisa dengan membuat mainan atau hiasan dari barang-barang yang sudah tak terpakai. Untuk referensi mainan dan hiasan, Bunda bisa cari tutorialnya di youtube. Memanfaatkan barang tidak terpakai menjadi mainan atau hiasan bisa mengasah kreativitas si kecil. Nanti hasil karya si kecil ini, bisa Bunda pajang sebagai dekorasi rumah dan penambah semangat anak untuk terus berkreasi.

  1. Ajak Si Kecil Nonton Film

Sekarang sudah banyak banget layanan aplikasi streaming film. Bunda bisa menggunakan layanan ini sebagai sarana edukasi anak lewat film animasi yang mendidik. Caranya dengan memberi tahu pesan moral apa saja yang terdapat film tersebut, jangan lupa sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Tentu hal ini juga bisa mengatasi kebosanan anak ketika harus di rumah aja selama pandemi. 

Yak, itulah Bunda 5 Cara atasi bosan dengan piknik di rumah saja bersama si kecil. Selamat mencoba! Semoga pikniknya menyenangkan ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *